https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/issue/feedTarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam2025-08-17T00:14:30+00:00Imam Turmidziimamturmidzi@gmail.comOpen Journal Systems<p>Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Binamadani, Tangerang. Bidang kajian jurnal ini meliputi komponen-komponen pendidikan Islam, seperti: kurikulum, model atau metode pembelajaran, manajemen dan sistem pendidikan Islam, psikologi pendidikan Islam, dan lainnya. Juga tentang konsep dan pemikiran tokoh pendidikan Islam, pemikiran pendidikan Islam kontemporer, dan semacamnya.</p>https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/759PENDIDIKAN MILITER SEBAGAI STRATEGI BEHAVIORISME UNTUK MENANGANI KENAKALAN SISWA BERLANDASKAN NILAI-NILAI ISLAM2025-08-11T07:21:59+00:00Yudhi Fachrudinyudhicendekia@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual integrasi pendidikan militer dan pendekatan behavioristik dalam menangani kenakalan siswa berdasarkan nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka, menelaah teori behaviorisme dari Pavlov, Skinner, dan Bandura. Praktik pendidikan militer yang menekankan kedisiplinan dan pembiasaan, serta ajaran Islam tentang pembentukan akhlak. Temuan menunjukkan bahwa prinsip <em>reinforcement</em> dan <em>punishment</em> dalam <em>behaviorisme</em> sejalan dengan praktik pendidikan militer yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan karakter. Al-Qur’an memberikan penekanan kuat pada pentingnya pendidikan keluarga dan pengendalian diri, sebagaimana firman Allah dalam QS. At-Tahrim ayat 6: <em>“Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…”</em> dan QS. Al-Furqan ayat 74: <em>“...dan “jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”</em> Nilai-nilai Islam memperkuat strategi behavioristik dengan pendekatan spiritual dan etika dalam membentuk perilaku terpuji. Pendidikan militer, jika diterapkan secara bijak dan sesuai prinsip pedagogis Islam, berpotensi menjadi strategi efektif dalam mengurangi kenakalan siswa dan membangun karakter disiplin. Simpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan terpadu antara pendidikan militer, teori behavioristik, dan nilai-nilai Islam dapat menjadi alternatif strategis dalam menangani kenakalan siswa secara preventif dan transformatif.</p>2025-08-11T06:59:29+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/764PENGGUNAAN METODE PENELITIAN FONOLOGI ARAB PADA ERA KLASIK2025-08-11T07:22:00+00:00Shifany Maulida Hijjahshifanymaulida@gmail.com<p>Fonologi ('Ilm al-Aswat) merupakan salah satu objek kajian primadona yang dikaji dan diteliti oleh para ahli bahasa sejak era klasik hingga saat ini. Tujuan utama kajian fonologi pada awal kodifikasi ilmu-ilmu bahasa Arab (era klasik) adalah untuk menjaga keaslian Al-Qur'an dan pengucapan makharijul huruf. Para ahli bahasa terdahulu menggunakan beberapa metode dalam meneliti bunyi-bunyi bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode-metode yang digunakan oleh para ahli bahasa klasik. Selain itu, peneliti ingin mengungkapkan bahwa metode penelitian fonologi klasik masih relevan dan dapat digunakan untuk penelitian saat ini. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah para linguis klasik mengkaji fonologi dengan menggunakan beberapa metode penelitian yang masih digunakan sampai sekarang, yaitu metode deskriptif (manhaj washfiy) yang salah satunya bertumpu pada qiroah sab'ah wa 'asyr, metode komparatif (manhaj muqaran) yang membandingkan dialek-dialek suku-suku bangsa Arab yang terkenal, metode historis (manhaj tarikhi), dan metode eksperimental (manhaj tajribiy).</p>2025-08-11T06:55:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/797TRANSFORMASI PENDIDIKAN MASA KHULAFAUR RASYIDIN2025-08-11T07:22:00+00:00Amalia Rahmawatiamaliarahmawati1601@gmail.comMohd NasirMohd.Nasir@iainlangsa.ac.id<p>Pendidikan masa Khulafaur Rasyidin, yang ditandai dengan meluasnya kekuasaan Islam, mengalami transformasi sistem pendidikan. Perluasan wilayah Islam mempengaruhi perkembangan sistem pendidikan, yang dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan tegas para khalifah, sehingga pengajaran agama Islam melalui Al-Qur’an dan Hadis menjadi fokus utama. Transformasi ini tidak hanya terjadi pada lembaga pendidikan seperti masjid dan kuttab, tetapi juga pada materi pendidikan dan tenaga pendidik, terutama para sahabat Nabi. Tujuan tulisan ini untuk mengisi kekurangan dalam studi sebelumnya yang lebih bersifat normatif, dengan menganalisis dampak perluasan wilayah Islam terhadap sistem pendidikan, termasuk adaptasi materi dan inovasi dalam pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi literatur untuk menggali hubungan antara perubahan wilayah dengan transformasi dalam tempat pendidikan, materi pendidikan dan tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perluasan wilayah Islam membawa dampak positif bagi sistem pendidikan, seperti pengembangan lembaga pendidikan yang lebih terstruktur dan meluas, peningkatan kualitas materi pendidikan yang mencakup fiqih, bahasa Arab dan ilmu-ilmu umum, serta keberagaman tenaga pendidik yang berasal dari sahabat Nabi. Transformasi ini berperan penting dalam membentuk peradaban Islam yang lebih maju dan terorganisir, serta memberikan pelajaran berharga bagi pendidikan masa kini.</p>2025-08-11T06:49:10+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/805STIMULUS SPIRITUAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGANAN CYBERBULLYING DI SEKOLAH2025-08-11T07:22:00+00:00Abdul Latif123dulatif@gmail.comNovrizal Novrizalnovrizal@staibinamadani.ac.id<p>Fenomena cyberbullying di kalangan pelajar telah menjadi tantangan kompleks dalam dunia pendidikan modern. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya terbatas pada penderitaan psikologis korban, tetapi juga mencerminkan krisis nilai, empati, dan moralitas pada pelaku. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas stimulus spiritual sebagai pendekatan pembinaan karakter dalam mereduksi perilaku cyberbullying di kalangan siswa. Melalui metode <em>library research</em>, kajian ini menghimpun dan merefleksikan berbagai temuan ilmiah terkait cyberbullying, pendidikan karakter, dan pembinaan spiritual yang berakar pada nilai-nilai religius. Hasil analisis menunjukkan bahwa stimulus spiritual, yang diwujudkan melalui pendidikan agama, keteladanan, bimbingan moral, dan penguatan nilai transendental, memiliki dampak signifikan dalam membentuk kesadaran etis, meningkatkan empati, serta menginternalisasi nilai-nilai luhur yang mampu menghambat kecenderungan agresif dan perilaku menyimpang. Selain itu, pendekatan spiritual terbukti lebih menyentuh aspek afektif dan psikologis siswa dibanding pendekatan hukuman semata. Kajian ini merekomendasikan integrasi stimulus spiritual secara sistematis dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan sistem pembinaan siswa sebagai bagian dari strategi preventif dan rehabilitatif terhadap perilaku menyimpang di lingkungan sekolah. Temuan ini menjadi dasar penting dalam merancang kebijakan pendidikan berbasis nilai.</p>2025-08-11T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/806AKTUALISASI LITERASI BAHASA ARAB DALAM PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PRODI PGMI DAN PAI INSTITUT BINAMADANI INDONESIA2025-08-11T07:27:14+00:00Jaenal Arifinjaenalarifin@stai-binamadani.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implementasi literasi bahasa Arab dalam penulisan skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Binamadani Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui analisis terhadap 20 skripsi, wawancara mendalam dengan 10 mahasiswa, 5 dosen pembimbing, serta satu ketua program studi, dan observasi terbatas selama proses bimbingan. Hasil studi mengindikasikan bahwa kemampuan literasi bahasa Arab mahasiswa masih tergolong rendah pada tiga dimensi utama: linguistik, kognitif, dan digital. Ditemukan berbagai kesalahan gramatikal, kutipan tanpa pemahaman mendalam, serta penggunaan teknologi yang belum optimal. Minimnya penggunaan sumber primer berbahasa Arab dan kurang aktifnya peran dosen pembimbing turut menjadi faktor penghambat. Oleh karena itu, studi ini merekomendasikan integrasi pembelajaran kontekstual berbasis digital, optimalisasi peran pembimbing akademik, dan peningkatan akses terhadap literatur Arab klasik maupun kontemporer.</p>2025-08-11T03:02:53+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/812TRANSFORMASI EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM2025-08-11T07:22:00+00:00Ria Ameliariariza0209@gmail.comMohd Nasirmohd.nasir@iainlangsa.ac.id<p>Ilmu pengetahuan senantiasa mengalami perubahan untuk dapat mengikuti perkembangan zaman dalam kehidupan manusia. Epistemologi pendidikan agama Islam tidak hanya bertransformasi dalam aspek pembelajaran agama di sekolah, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Transformasi epistemologi menyangkut perubahan sumber ilmu pengetahuan, perubahan metode perolehan ilmu pengetahuan, perubahan proses pembelajaran dan perubahan validasi pengetahuan seperti perubahan cara mengevaluasi ilmu pengetahuan yang telah kita peroleh. Transformasi epistemologi pendidikan agama Islam menyangkut perubahan sumber ilmu pengetahuan, metode perolehan ilmu pengetahuan dan proses evaluasi pendidikan agama Islam. Perubahan sumber ilmu pengetahuan dari sumber tertulis menjadi media digital, sumber yang bersifat kontekstual dan terintegrasi dengan ilmu pengetahuan lainnya. Perubahan metode perolehan ilmu pengetahuan tidak hanya dari pembelajaran ceramah oleh guru tetapi melalui berpikir kritis, pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kolaboratif. Evaluasi ilmu pengetahuan tidak lagi hanya melalui tes tertulis tetapi melalui pendekatan reflektif, penilaian autentik dan portofolio</p>2025-08-11T02:51:36+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/827PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN FIKIH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DI MTS KUN FAYAKUN2025-08-11T07:22:00+00:00Devy Habibi Muhammadhbbmuch@gmail.comKhoridatul Husniakhoridahusnia@gmail.comLailatul IzzahLailaizzah054@gmail.comAlda Eky Nur Kholifahaldaeky0320@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran Fikih di MTs Kun Fayakun. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya inovasi media pembelajaran yang sesuai perkembangan teknologi, guna membantu siswa memahami materi aplikatif seperti praktik ibadah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto. Sampel penelitian terdiri atas 30 siswa kelas VII yang telah mengikuti pembelajaran Fikih menggunakan media video. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes pemahaman, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh instrumen valid dan reliabel, dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,603. Artinya, penggunaan media video memberikan kontribusi sebesar 60,3% terhadap peningkatan pemahaman siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar model penelitian. Temuan ini menunjukkan bahwa media video tidak hanya mempermudah siswa memahami teori Fikih, tetapi juga mendukung pemahaman praktik ibadah melalui visualisasi konkret. Selain itu, media video dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan meningkatkan motivasi serta keterlibatan aktif siswa. Oleh karena itu, penggunaan media video dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fikih di madrasah.</p>2025-08-11T02:36:52+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/825STIMULUS KOMUNIKASI SPIRITUAL TERAPEUTIK BERBASIS ALQUR'AN TERHADAP PELAKU DAN KORBAN CYBERBULLYING DI MEDIA SOSIAL2025-08-17T00:14:30+00:00Mohamad Zaenal Arifinaripmu@gmail.comFatimah Fatimahdosen01790@unpam.ac.id<p>Penelitian ini mengeksplorasi pemberian stimulus pesan-pesan spiritual berbasis Alqur’an terhadap pelaku dan korban <em>cyberbullying </em>di media sosial. Tujuannya agar terbangun kesadaran tentang buruknya perilaku <em>cyberbullying</em> dan interaksi dan komunikasi di media sosial dapat dilakukan secara beradab dan berkualitas. Peneliti mengumpulkan data primer penelitian dari berita media sosial, artikel, jurnal ilmiah, buku, dan literatur lainnya. Reduksi data dilakukan melalui proses merangkum, memilih, dan memfokuskan data yang penting dan relevan dengan pembahasan untuk mendapatkan konsepsi tentang perilaku <em>cyberbullying, </em>dampak negatif <em>cyberbullying</em>, dan stimulus komunikasi spiritual terapeutik terhadap pelaku dan korban <em>cyberbullying</em>. Penelitian ini menemukan bahwa perilaku <em>cyberbullying</em> dilakukan dengan banyak cara dan memberi dampak negatif terhadap dua belah pihak; korban dan pelaku. Pihak korban mengalami risiko gangguan psikis, mental dan emosi, seperti stres, depresi, cemas, trauma, malu, marah, tidak semangat hidup, dan merasa dikucilkan. Adapun pelaku <em>cyberbullying</em> akan terjerat masalah hukum, mentalnya terganggu, serta penurunan kualitas moral dan nilai kemanusiaan. Kesimpulan penelitian, perilaku <em>cyberbullying</em> di media sosial dapat diminimalisir dengan cara memberikan stimulus pesan-pesan spiritual berbasis Alqur’an kepada pelaku, berupa sikap lemah lembut terhadap lawan bicara, menjaga nilai-nilai moralitas dan spiritualitas dalam pergaulan sosial, dan berpegang pada prinsip hidup, taubat, dan pikiran positif. Terhadap korban, perlu distimulus untuk memiliki pikiran positif, sabar, dan mengambil hikmah suatu kejadian.</p>2025-08-11T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/821IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ASWAJA DI MADRASAH ALIYAH2025-08-11T07:22:00+00:00Miftahur Rohmanmiftahurrohman@fk.unila.ac.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya rumusan baku terkait implementasi pendidikan karakter di madrasah. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategik kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis nilai-nilai aswaja di MA Roudlotul Huda yang terdiri dari formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi. Dengan <em>purposive sampling </em>peneliti memilih informan terdiri dari pimpinan madrasah dan beberapa guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi yang dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Kabsahan data penulis gunakan 4 uji: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitias. Dengan menggunakan teori-teori manajemen strategi dan pendidikan karakter, penelitian ini menemukan fakta strategi kepala madrasah dalam menananmkan nilai-nilai pendidikan karakter terdiri dari penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah diawali dengan menetapkan tujuan, <em>budgeting</em>, serta alokasi SDM; implementasi dilakukan dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadis, SKI, dan Fikih serta dalam kegiatan kesiswaan keagamaan, kesenian Islam, dan kebudayaan; dan evaluasi meliputi penilaian konteks, penilaian masukan, penilaian proses, dan penilaian produk.</p>2025-08-11T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.ibi.ac.id/Tarbawi/article/view/843ANALISIS PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NURUL ISLAM2025-08-11T07:22:01+00:00Istifaur Rosidahistirosidah15@gmail.comDiyah Rodiyahdiyahrhodiyah2@gmail.comSiti Jamilahsitijamilahprob15@gmail.comChoirun Nisachoirun231@gmail.comAuliyah Nazal Qur'aniauliyahqurani@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media video terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Islam. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disinyalir akibat kurang menariknya metode pembelajaran konvensional. Dalam menghadapi tantangan era digital, media video dipandang sebagai alternatif inovatif yang dapat menjembatani kebutuhan siswa akan pembelajaran visual dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas VIII, dan sampel sebanyak 35 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi nilai, yang kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS versi 31 melalui uji validitas, reliabilitas, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner valid dan reliabel. Uji regresi menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,992 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,984, yang berarti 98,4% variasi hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan media video. Temuan ini membuktikan bahwa media video berperan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk mengintegrasikan media video sebagai strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan generasi digital.</p>2025-08-11T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##