IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ASWAJA DI MADRASAH ALIYAH

  • Miftahur Rohman Universitas Lampung
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Aswaja, Madrasah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya rumusan baku terkait implementasi pendidikan karakter di madrasah. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategik kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis nilai-nilai aswaja di MA Roudlotul Huda yang terdiri dari formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi. Dengan purposive sampling peneliti memilih informan terdiri dari pimpinan madrasah dan beberapa guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi yang dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Kabsahan data penulis gunakan 4 uji: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitias. Dengan menggunakan teori-teori manajemen strategi dan pendidikan karakter, penelitian ini menemukan fakta strategi kepala madrasah dalam menananmkan nilai-nilai pendidikan karakter terdiri dari penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah diawali dengan menetapkan tujuan, budgeting, serta alokasi SDM; implementasi dilakukan dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadis, SKI, dan Fikih serta dalam kegiatan kesiswaan keagamaan, kesenian Islam, dan kebudayaan; dan evaluasi meliputi penilaian konteks, penilaian masukan, penilaian proses, dan penilaian produk.

Published
2025-08-11
How to Cite
Rohman, M. (2025). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ASWAJA DI MADRASAH ALIYAH. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8(2), 234-251. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v8i2.821
Section
Articles