TRANSFORMASI EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

STUDY DI SMKN 1 LANGSA

  • Ria Amelia IAIN Langsa
  • Mohd Nasir IAIN LANGSA
Keywords: Evaluasi, Metode, Sumber Pengetahuan, Transformasi Epistemologi

Abstract

Ilmu pengetahuan senantiasa mengalami perubahan untuk dapat mengikuti perkembangan zaman dalam kehidupan manusia. Epistemologi pendidikan agama Islam tidak hanya bertransformasi dalam aspek pembelajaran agama di sekolah, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Transformasi epistemologi menyangkut perubahan sumber ilmu pengetahuan, perubahan metode perolehan ilmu pengetahuan, perubahan proses pembelajaran dan perubahan validasi pengetahuan seperti perubahan cara mengevaluasi ilmu pengetahuan yang telah kita peroleh. Transformasi epistemologi pendidikan agama Islam menyangkut perubahan sumber ilmu pengetahuan, metode perolehan ilmu pengetahuan dan proses evaluasi pendidikan agama Islam. Perubahan sumber ilmu pengetahuan dari sumber tertulis menjadi media digital, sumber yang bersifat kontekstual dan terintegrasi dengan ilmu pengetahuan lainnya. Perubahan metode perolehan ilmu pengetahuan tidak hanya dari pembelajaran ceramah oleh guru tetapi melalui berpikir kritis, pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kolaboratif. Evaluasi ilmu pengetahuan tidak lagi hanya melalui tes tertulis tetapi melalui pendekatan reflektif, penilaian autentik dan portofolio

Published
2025-08-11
How to Cite
Amelia, R., & Nasir, M. (2025). TRANSFORMASI EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8(2), 187-195. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v8i2.812
Section
Articles