AKTUALISASI LITERASI BAHASA ARAB DALAM PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PRODI PGMI DAN PAI INSTITUT BINAMADANI INDONESIA

  • Jaenal Arifin STAI Binamadani
Keywords: Literasi Bahasa Arab, Skripsi PAI PGMI, Linguistik, Kognitif, Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implementasi literasi bahasa Arab dalam penulisan skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Binamadani Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui analisis terhadap 20 skripsi, wawancara mendalam dengan 10 mahasiswa, 5 dosen pembimbing, serta satu ketua program studi, dan observasi terbatas selama proses bimbingan. Hasil studi mengindikasikan bahwa kemampuan literasi bahasa Arab mahasiswa masih tergolong rendah pada tiga dimensi utama: linguistik, kognitif, dan digital. Ditemukan berbagai kesalahan gramatikal, kutipan tanpa pemahaman mendalam, serta penggunaan teknologi yang belum optimal. Minimnya penggunaan sumber primer berbahasa Arab dan kurang aktifnya peran dosen pembimbing turut menjadi faktor penghambat. Oleh karena itu, studi ini merekomendasikan integrasi pembelajaran kontekstual berbasis digital, optimalisasi peran pembimbing akademik, dan peningkatan akses terhadap literatur Arab klasik maupun kontemporer.

Published
2025-08-11
How to Cite
Arifin, J. (2025). AKTUALISASI LITERASI BAHASA ARAB DALAM PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PRODI PGMI DAN PAI INSTITUT BINAMADANI INDONESIA. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8(2), 178-186. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v8i2.806
Section
Articles